Penanaman Jiwa Entrepreneur Melalui Kegiatan Market Day di SD Muhammadiyah MBS Prambanan

Alfia Zul Faida, Aqhila Ridha Laksita, Reksy Gumilang, Siwi Purwanti, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman jiwa entrepreneur siswa melalui kegiatan market day di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan adalah melalui kegiatan market day siswa ditanamkan jiwa entrepreneur yaitu kemandirian, kreatif, membangun rasa percaya diri, memunculkan jiwa kepemimpinan, menumbuhkan sikap jujur, disiplin, berani mengambil resiko, kerjasama, dan tanggung jawab, serta motivasi untuk sukses. Terdapat juga kendala yang yang dihadapi selama market day yaitu ada siswa yang tidak jujur dalam membeli dagangan temannya, siswa masih ada yang malu - malu untuk menawarkan dagangannya, dan tidak semua dagangan siswa terjual habis.

Full Text:

PDF

References


Azzahrah Alifia. 2022. Gambaran Peningkatan Angka Pengangguran Nasional di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Flores. 12(01), 34-45.

Hartati, S. (2021). Upaya Seolah dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship pada Siswa Melalui Program Markt Day Kelas Tinggi SDIT Al Firdaus Banjarmasin. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Siwiyanti Leonita. 2017. Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1 (1), 83-89.

Wahyuni, R. S., Juniarti, A., Hidayah, L. N., & Kawoco, N. S. (2022). Pengaruh Kegiatan Market Day Sejak Dini Terhadap Minat Entrepreneur di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cendekia Taka. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-18.

Zultiar, I., & Siwiyanti, L. (2017). Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak dan Manajemen), 6(11), 13-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.