PENGGUNAAN HANDPHONE PADA PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS XI TAV 1 SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Naeli Nurfaozah, Afifah Mutmainah, Triwahyuningsih Triwahyuningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan siswa XI TAV 1 dalam penggunaan handphone dan mendeskripsikan manfaat penggunaan handphone serta dampak negative yang ditimbulkan akibat penggunaan handphone pada saat proses pembelajaraan di kelas. Jenis penelitiaan ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiaan ini adalah 5 orang siswa laki-laki dari kelas XI TAV 1 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dimana data tersebut di peroleh dan di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitiaan ini menunjukan bahwa penggunaan handphone pada saat jam pelajaraan itu akan berpengaruh baik atau buruk kepada siswa yang tergantung kepada si pemakai handphone. Dampak positif dari penggunaan handphone pada saat jam pelajaraan PPKn ialah siswa dapat mencari berbagai sumber informasi yang berkaitan dengan materi pelajaraan PPKn, sebagai sarana komunikasi, sebagai media pembelajaran. Sedangkan dampak negative penggunaan handphone pada saat jam pelajaraan PPKn ialah dapat mempengaruhi konsentrasi pembelajaraan di dalam kelas khususnya pada mata pelajaran PPKn, membuat siswa malas belajar atau mendengarkan materi yang disampaikan guru saat mengajar di depan kelas, mengganggu konsentrasi pembelajaraan dengan menyalahgunakan handphone sebagai media untuk mengisi hal kebosenan siswa pada saat pembelajaraan berlangsung dengan membuka media sosial seperti whatsapp, instagram, tiktok, dsb. Berdasarkan hasil penelitiaan bahwa masih banyak siswa yang menggunakan handphone ke arah negative di kelas pada saat jam pembelajaraan berlangsung. Jadi perlu adanya kebijakan penggunaan hanphone di dalam kelas pada saat jam pembelajaraan PPKn di mulai.


Keywords


Dampak, Penggunaan, Handphone, Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Afrijal, et all. 2017. Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Universitas Jambi

Ayuningtyas, Rizky Fitriannisa. 2020. Studi Mengenai Kecanduan Internet Dan Fear Of Missing Out (Fomo) Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Driyorejo. Universitas Negeri Surabaya

Daya Firmana, Yohanes. 2016. Penggunaan dan Pemanfaatan Smartphone Di Kalangan Siswa Kelas X

Hasan Jamani, et all. 2013. Perilaku Siswa Pengguna Handphone Studi Kasus Pada Siswa Smp Negeri 4 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS-2013. Niversitas Tanjungppura Pontianak

Ismanto. 2017. Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal Untukmu Negeri Vol. 1 No 1

Lestari, Rahmy et all. 2020. Faktor-Faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa Di Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Volume 3 No 1 2020 : hal 23-37. Consilia Jurnal Ilmiah BK

Studi Kasus : SMA Negeri 3 Pati Kelas X MIA-6. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Ula, Wahyu Rikha Rofikhatul. 2021. Dampak Kecanduan Smartphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021 : 290-298. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.