Pemanfaatan Media Canva Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan

Windy Ayu Lestari, Ari Prasetyo Nugroho, Wachid Eko Purwanto

Abstract


Penelitian ini membahas terkait pemanfaatan media Canva dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan pada Agustus-September 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait media Canva yang telah diterapkan dalam pembelajaran di dalam kelas dan respon siswa terkait media Canva tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner. Data yang dianalisis kemudian dijabarkan dalam bentuk deskripsi paragraf. Hasil penelitian menunjukkan data pemenfaatan media Canva dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berupan pertanyaan-pertanyaan terkait media Canva yang telah diterapkan di dalam kelas

Full Text:

PDF

References


Bahasa, P., Bahasa, F., & Surabaya, U. N. (n.d.). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS IKLAN KELAS XII DKV 2 SMKN 13 SURABAYA Nova Marwadi Abstrak.

Chamidah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Padlet untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menulis Teks Caption. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 17(April), 83–94.

Dewantara, A. A. N. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 275–286. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20462

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Mansyur, U. (2016). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Proses. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(2), 158–163. https://doi.org/10.26858/retorika.v9i2.3806

Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859/2593

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196


Refbacks

  • There are currently no refbacks.