Analisis Kesalahan Peserta Didik SMA Negeri 1 Kalasan dalam Menyelesaikan Soal Matriks

Zaizafun Sintarana

Abstract


Matriks merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari pada jenjang SMA/Sederajat. Sehingga materi ini tentu akan ditemui oleh tiap peserta didik khususnya di kelas XI. Berdasarkan penelitian yang sudah penulis lakukan, masih terdapat beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kemampuan dalam komunikasi matematis peserta didik dengan pedekatan saintifik, mengetahui letak kesalahan yang ditemui ketika peserta didik mengerjakan soal, menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik pada materi operasi matriks itu apa saja dengan cara memberikan peserta didik soal serta mendeskripsikan hasil jawaban peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah mengambil sebanyak 17 peserta didik kelas SMA Negeri 1 Kalasan di kelas XI MIPA 3. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan instrumen yang digunakan terdiri dari tes ulangan harian. Setelah melalui serangkaian proses penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik dalam komunikasi matematis untuk pemahaman mengenai konsep operasi hitung matriks tergolong rendah karena terdapat kesalahan dari jawaban sebagian peserta didik dalam menyelesaikan soal.

Keywords


Analisis Kesalahan, Matriks

Full Text:

PDF

References


Ainin, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matriks dan kaitannya dengan motivasi belajar matematika pada kelas xi. Euclid, 7(2), 137-147.

Farkhana, N. N., & Firmansyah, D. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMA pada materi matriks. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Iswara L., & Setyawan F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education).

Kurniawati, R. P., & Hadi, F. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 891. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3530

Khairani, B. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505-514.

Mutmainah, D. S., & Sari, P. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis SMK Bina Insan Bangsa. Journal On Education, 1(2), 430-439.

Rumata, L. M., Afandi, A., & Hamid, H. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Cerita Terkait dengan Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(2).

Septiani, D. T., Septian, A., & Setiawan, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Yang Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 65-80.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Umar, W. (2012). Membangun kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 1(1), 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.