Analisis Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Inovasi Pembelajaran Tema 3: Makanan Sehat Kelas 5 di Sd Muhammadiyah Ambarketawang I

Nidia Sari, Alifah Rohmana, Cindy Joe Sanjun, Heni Siswantari

Abstract


Abstrak: Analisis keteranpilan guru sekolah dasar dalam menerapkan inovasi pembelajaran tema 3 : makanan sehat kelas 5 di SD Muhannadiyah Ambarketawangan 1. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan guru sekolah dasar dalam menerapkan inovasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Subjek yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas V. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data model interaktif yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu guru SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 sudah menerapkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah di susun. Simpulan penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran berlangsung guru mampu  menerapkan inovasi pembelajaran meliputi media, metode, dan model.

Keywords


Keterampilan Guru, Inovasi Pembelajaran, Pembelajaran Tematik

Full Text:

Untitled Untitled PDF

References


Hidayatullah, F. (2019). Membutuhkan Metode Pembelajaran Yang. June.

Ramdani, Riska Damayanti, S. S. R. (2021). Proses Dan Inovasi Pembelajaran Sd.

Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., July, 1–78.

Sugiyanto, S., Dardiri, A., Priyono, P., Wasito, H., & Isnandar, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Praktik Berbasis Job Program Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Matakuliah Praktik Konstruksi Batu Dan Beton. Bangunan, 26(1), 7. Https://Doi.Org/10.17977/Um071v26i12021p7-16

Sutikno, S., & Hadisaputra, R. (2021). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal Equilibrium (Vol. 5, Issue January). Http://Belajarpsikologi.Com/Metode-Penelitian-Kualitatif/

Purnomo, A. (2019). Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lapangan Yang Konstruktivisme Untuk Membangun Pengetahuan Peserta Didik. September 2018.

Aliyyah, R. R. (2021). Proses Dan Inovasi Pembelajaran Sd.

Diatmika, I. K. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 437-445.

Fitri Siti Sundari, Y. M. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 26-36.

Karli, H. (N.D.). Penerapan Pembelajaran Tematik Sd Di Indonesia. 1-11.

Nurdyansyah, E. F. (2021). Buku Ajar Inovasi Pembelajaran Sekolah Unggul.

Oktaviani, N. (N.D.). Keterampilan Guru Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Pada Abad 21. 1-8.

Rukminingsih, G. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Susilawati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Di Smp Pesat Bogor. Teknodik, 41-53.

Widiastuti, E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Materi Inti Atom Dan Radioaktivitas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xii Mia-3 Sma Negeri 1 Ngimbang. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 214-220.

Zunidar. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran . 41-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.