PERAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMK N 1 DEPOK

Muhamad Didan aneti, Puput Sari, Agung Prbowo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran layanan bimbingan dan konseling dalam mewujudkan karakter pelajar pancasila di SMK N 1 Depok. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Depok selama satu bulan. Alasan dipilihnya SMK N 1 Depok sebagai tempat penelitian ialah karena di sekolah tersebut karakter pelajar pancasila sudah tertanam dengan baik sehingga peneliti tertarik untuk meneliti upaya yang dilakukan untuk mewujudkan karakter pelajar pancasila di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwasannya untuk mewujudkan karakter pelajar pancasila membutuhkan kontribusi dari banyak pihak, salah satunya ialah bimbingan dan konseling. Peran bimbingan dan konseling dalam mewujudkan karakter pelajar pancasila ialah melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling yang meliputi bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individu, memberikan motivasi kepada siswa, konsultasi, layanan informasi, dan home visit. Selain itu sekolah juga menerapkan kegiatan pembiasaan melalui kegiatan rutinan berupa kegiatan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), sholat berjamaa'ah, kegiatan literasi, tadarus Al-Qur'an dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya mendukung terwujudnya karakte pelajar pancasila di SMK N 1 Depok.

 


Full Text:

PDF

References


Sari, P. N., Zaneti, M. D., & Agungbudiprabowo. (2022). PERAN LAYANAN BIMBINGAN DWAN KONSELING DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMK N 1 DEPOK. Seminar Nasional Pengenalan Lapangan Persekolahan UAD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.