Analisis Fisika Berbasis Lingkungan di SMAN 1 Kasihan dan SMAN 1 Sewon

Anggita Dewi Mithasari, Ariati Dina Puspitasari, Amelia Safira Ramadhani, Daffa Nabilla Rizqita, Siska Nur’afifaturrohmah

Abstract


Pembelajaran fisika berbasis lingkungan merupakan pembelajaran dengan mengaitkan lingkungan kedalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon peserta didik saat diterapkannya pembelajaran fisika berbasis lingkungan di kelas XI MIPA pada meteri fluida di SMA N 1 Kasihan dan SMA N 1 Sewon dengan jumlah responden masing-masing 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan guru, observasi dan penyebaran angket kepada peserta didik. Hasil dari wawancara dengan guru, proses pembelajaran dengan mengaitkan lingkungan menambah keaktifan dan kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket tersebut menyatakan 65% siswa SMA N 1 Kasihan sangat setuju dan tertarik dengan metode pembelajaran fisika berbasis lingkungan, serta 60% siswa SMA N 1 Sewon menyatakan sangat setuju dan tertarik diterapkannya fisika berbasis lingkungan. Pembelajaran fisika berbasis lingkungan diterapkan dengan tujuan peserta didik dapat lebih memahami konsep dan fenomena fisika yang ada di kehidupan sehari-hari. 

Full Text:

PDF

References


Abidin, K., Wagiani, S., Fisika, P. S., & Palopo, U. C. (2013). Studi Analisis Perbandingan Kecepatanaliran Air Melalui. Jurnal Dinamika, 04(1), 62–78.

Dan, P. E., Susant, L., Praherdhiono, H., Muhamad, R., Nova, D., Kukuh, T., & Ha, B. (2016). Pengaruh Strategi. 3.

Erlina, N., Supeno, & Wicaksono, I. (2017). Prosiding Seminar Nasional Tahun 2016 “ Mengubah Karya Akademik Menjadi Karya Bernilai Ekonomi Tinggi .” January 2016.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2).

Harto, M., & Misbah, M. (2021). Kajian Literatur Inovasi Pembelajaran Sains Di Masa Pandemi Covid. Vidya Karya, 35(2), 78. https://doi.org/10.20527/jvk.v35i2.10591

Jumini, S. (2016). Kerangka Kualifikasi Keilmuan Fisika Unsiq. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(1), 39–44. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/333

Lumbantoruan, A., & Jannah, N. (2019). Deskripsi Sikap Peserta Didik Terhadap Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 161-172.

Masturoh, R. D., Sudarmi, M., & Noviandini, D. (2019). Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.24246/juses.v2i1p16-25

Millah, N. I. A. Q., & Maghfuri, A. (2019). Peran Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dalam Kebijakan Pengembangan Pendidikan Islam. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 130–148. https://doi.org/10.37542/iq.v2i02.29

Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika (Aksioma), 9(1), 147-157.

Radjah, S. (2014). Tekanan Fluida & Hukum Pascal.

Rafid, R. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. Mitra Pendidikan, 2(7), 711–718.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03, 285–311.

Sari, P., Dwikoranto, D., & Lestari, N. A. (2021). Analisis Respon dan Ketertarikan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Environmental Learning di SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 337–344. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.337-344

Sochib, M., & Hidayatulloh, A. R. (2018). Perancangan Instalasi Pompa Air Dari Mata Air Danau Ngipik Ke Tandon Penampung Perumahan Kapasitas 900 L/Jam. Jurnal Keilmuan Dan Terapan Teknik, 07,164–173.

Simamora, & Pintor, D. P. dan. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flashterhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Newton. Jurnal Inpafi, 2(3), 45–53.

Utari, S., & Hadi, M. M. (2020). Gaya Kepemimpinan Demokratis Perpustakaan Kota Yogyakarta (Studi Kasus). Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(1), 994-1002.

https://sma-tirtonirmolo.sch.id/profil/sejarah-singkat/

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/f03a2241-1afa-40bc-bd00-68c6c0fd970c


Refbacks

  • There are currently no refbacks.