IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGATASI MEMBOLOS PADA SISWA

Qori Afniarti, Hardi Prasetiawan

Abstract


Abstrak: Pada saat ini perilaku membolos masih sangat sering dilakukan oleh sebagian siswa di kalangan sekolah, baik di jenjang smp, sma bahkan perkuliahan. Penyebab siswa membolos dipengaruhi oleh faktor internal dari dalam diri dan faktor eksternal dari luar diri yang mengikuti ajakan teman-temannya. Bersumber pada permasalahan tersebut, tujuan penulisan agar dapat diketahui dengan menggunakan bimbingan kelompok apakah dapat bermanfaat untuk mengatasi membolos pada siswa. Dengan menggunakan studi literatur untuk memperoleh informasi melalui kajian penelitian yang telah dilakukan, serta dengan membandingkan melalui beberapa artikel yang telah ditemui. Berdasarkan hasil penelitian Mogulescu dan Segal (Minarni, 2017), 75-85% kenakalan remaja dengan memiliki kebiasaan membolos. Hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak kebiasaan membolos di sekolah yang tinggi sehingga diperlukan adanya implementasi agar tidak lagi menjadi terlalu tinggi. Dengan adanya artikel ini, penulis berharap informasi yang diberikan dapat bermanfaat serta dipergunakan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi membolos pada siswa.

 


Keywords


Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Membolos

Full Text:

PDF

References


Fatchurahman, M, Syarif, D.F.T., & Turohmi, S. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving dalam Menurunkan Perilaku Membolos Siswa. Indonesia Journal of Educational Counseling.2(1), 55-68.

Jumadi M.S.T. (2020). Kenakalan Remaja. Diakses dari https://dosen.ung.ac.id/JumadiTuasikal/home/2020/10/10/kenakalan-remaja.html pada tanggal 1 September 2022.

Muthmainnah, M. (2019). Peran Guru BK dalam Mengatasi Perilaku Membolos Siswa SMP Negeri 5 Satu Atap Medang Deras (Doctoral dessertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Puluhulawa, M., Djibran, M.R., & Pautina, M.R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. In Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2017 (pp.301-310).

Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGINYA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3),99-106.

Setiawati, S. M. R. (2020). PERILAKU MEMBOLOS: PENYEBAB, DAMPAK, DAN SOLUSI. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 99-108.

Sulasmono, B.S. (2012). Problem Solving: signifikansi, pengertian, dan ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155-166.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.