IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA

Fanny Rahmahdiyanti, Ridwan Faisal Sani, Sholly Setya Bimantara, Wahyu Nanda Eka Saputra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap sopan santun siswa Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, peneliti mengumpulkan informasi data dengan bersumber berbagai kajian literatur. Data dan informasi tersebut dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai sumber tertulis seperti jurnal nasional dan prosiding ,lalu dilakukan analisis dan disusun secara sistematis. Subyek dalam penelitian ini ialah siswa/siswi yang memiliki kecenderungan perilaku sopan santun yang rendah. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini memaparkan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat dipakai guna meningkatkan sikap sopan santun pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Alisyahbana, I. B. (2020). Meningkatkan Perilaku Sopan Santun melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama di Sekolah. Blended Learning, 1(1), 1–18.

Dewi, K. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas Ix Smp Negeri 25 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016 [Thesis]. Universitas Negeri Semarang.

Dewi, S. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Di Kelas Xi Sma Harapan Mekar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU], 1(4), Article 4. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/918

Fauziyah, N., & Rusmana, N. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1), 22–32.

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengatasi Perilaku Bullying. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 126–135. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.499

Nadiles, Y. (2022). Evektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa Smp Negeri 1 Tanggunggunung [Thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri]. http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5782

Sari, E. P. (2013). Pengembangan Model Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Sikap Prososial. 7.

Sitorus, R. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Sopan Santun Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31522

Utomo, D. P., Masturi, M., & Mahardika, N. (2021). Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6473

Winarlin, R., Lasan, B., & Widada, W. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(2), 68–73. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p068


Refbacks

  • There are currently no refbacks.