Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Metode Silaba Pada Siswa Kelas I di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3

Maulida Nisrina Mafazati, Hengkang Bara Saputro, Apristya Laily Maghfiroh, Syafrizal Cahya Dzikriansyah

Abstract


Abstrak: Sebelum siklus atau Sebelum bertindak, peneliti  observasi awal pertama (sebelum siklus) proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Muhammadiyah pada hari Kamis, 15 September 2022 Untuk mengetahui kemampuan awal siswa terutama tentang materi baca dengan keras teks pendek tentang topik Bahasa Indonesia. Langkah ini bertujuan untuk mengetahui level keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I sebelum menerapkan Metode Silaba. peneliti memberikan tes (Pre-Test)  keterampilan membaca dengan topik "Membaca teks dengan lantang" pendek".

Keywords


Keterampilan membaca, metode silaba, siswa SD

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Teknik Permainan Menyusun Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii MIN 1 Bandar Lampung. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Efendi, R., & History, A. (2017). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. II(2), 288–299.

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim,VII(2), 94–102.

Aini, B. H. Z. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas Satu SDN 3 Suralaga Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 65–75.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Hidayat Rahmat. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Jurnal Illmiah Pendidikan Khusus, 3(1), 400–441.

Kharizmi, M. (2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim,VII(2), 94–102.

Alawiyah, A. R., Hendri, E., & Apriliya, S. (2018). Model Inkaber Sebagai Inovasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 141–151.

Pertiwi, D. Dan. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 SD / MI Dengan Metode Iqro Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 11–15.

Rasyid;, S. K. I., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.Pdf. In M. P. Kartika Manalu & M. A. Nun Zairina (Eds.), Seminar Nasional Pendidikan Sains UKSW.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.