Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Teknik 5W+1H pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Bantul

Risa Aprilasari, Rostini Komaladewi, Yosi Wulandari

Abstract


Penelitian ini dirancang untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan teknik 5W+1H dalam kecakapan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Bantul. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data penelitian ini terolah secara kualitatif yang terdiri atas hasil menulis peserta didik kelas XI terkait teks eksplanasi sekaligus hasil pengamatan dan hasil penilaian peserta didik. Hasil penelitian memperlihatkan kemampuan peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Bantul dalam menulis teks eksplanasi dengan teknik 5W+1H mengalami peningkatan dengan perolehan nilai pada pembelajaran sebelumnya. Penggunaan teknik 5W+1H dapat membangkitkan imajinasi peserta didik menjadi lebih kreatif dalam mengemukakan gagasan dan ide ke dalam sebuah tulisan, terkhusus penulisan sebuah teks eksplanasi. Tanggapan peserta didik sangat positif dalam pelajaran menulis teks eksplanasi dengan penggunaan teknik 5W+1H. 


Keywords


Menulis, Teks Eksplanasi, Teknik 5W+1H

Full Text:

PDF

References


Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.

Anisa. (2020). Penerapan Teknik 5W+1H dalam Menuliskan Paragraf Eksposisi pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Solear Kabupaten Tangerang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Perindo persada.

Darminto, Riyo. (2010). Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata dan Kalimat Efektif dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Sdn Wonokusumo V Surabaya. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 7.

Dwi, Listiyana dan Iwan Somantri. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Metode Investigasi Kelompok pada Siswa SMP. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2 (3), 453-460.

Marahimin. (2010). Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, Daeng. dkk. (2011). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Prakoso, Ananda Rival et al. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Explanation Text Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4 (1), 76-84.

Pranata, I. K. A. K. (2013). Penggunaan Teknik 3-P untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5W+1H Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i1.282.

Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ratnayanti, N. M. D., Jampel, I. N., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Metode Journalist Question (5W1H) Berbantuan Media Foto Pribadi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7004.

Razak. Abdul. (2017). Kalimat Efektif: Struktur, Gaya, dan Variasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43.

Setyawan, C. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Pendekatan Saintifik. Tripsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(01), 19-33.

Savitri, Ananda Intan. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN Kota Probolinggo. Skripsi, Universitas Jember.

Semi, Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Rev.). Bandung: PT.Angkasa.

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. bandung: alfabeta.

Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 863-871.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.