Program Adiwiyata dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pajangan
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57-70.
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2),123-133.
Aldyan, R. A. (2020). The Effect of Globalization and Capitalism on Forest Damage in Indonesia. Diadikasia Journal, 1(1). https://doi.org/10.21428/8c841009.0f98753e
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asy’ari, A., & Abidin, R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Adiwiyata Sebagai Upaya Membangun Karakter dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMP Negeri 23 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan KALUNI, 2, 617–624. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.155
Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.690
Demar, A. I., Kolibu, F. K., & Engkeng, S. (2020). Hubungan Implementasi Program Adiwiyata dengan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Peserta Didik di SMP Lentera Harapan Tomohon Tahun 2020. KESMAS, 9(6).
Desfandi, Mirza. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal, 2(1), 31-37. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK
Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.5069
Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Perubahan Identitas Diri Dalam Eksistensialisme Kierkegaard: Relevansinya Bagi Mental Warga Negara Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052
Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.
Pahru, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 119-127.
Rakhmawati, D., Prasetyo, A. P. B., & Ngabekti, S. (2016). Peran Program Adiwiyata dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa: Studi Kasus di SMK Negeri 2 Semarang. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1148-1154.
Silaban, S. J., & Yuliani, F. (2017). Implementasi Program Adiwiyata (Studi pada SMP Negeri 20 Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2),1-15.
Sitisyarah, Kania, & Mustika, Ramadhanita. (2017). Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 143–155.
Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak pada Pendidikan [Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Dampak Krisis Moral terhadap Pendidikan] . Jurnal Jeffray , 12 (2), 16. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170-177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v
Widiyaningrum, P., Lisdiyana., & Purwantoyo, E. (2015). Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. Indonesian Journal of Conservation, 4(1), 74-82.
Refbacks
- There are currently no refbacks.