Program Adiwiyata dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Pajangan

Dwi Fita Rusilawati, Delvina Winda Apriliana, Much Fuad Saifuddin

Abstract


Pemerintah menciptakan sebuah program yang berfungsi untuk menjaga lingkungan agar tidak menurun, program tersebut adalah program yang dilaksanakan di lingkungan sekolah yaitu program adiwiyata. Bagian dari masyarakat yakni peserta didik perlu dididik terkait kepedulian terhadap lingkungan yang bisa ditumbuhkan melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Program Adiwiyata dengan pembentukan sikap peduli lingkungan dari para peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ialah peserta didik SMA Negeri 1 Pajangan dan sampelnya sebanyak 63. Teknik pengambilan sumber data menggunakan Random Sampling. Hasil yang diperoleh saat penelitian di mana mayoritas responden tersebut setuju dengan adanya Program Adiwiyata mempengaruhi perilaku peserta didik. Dinilai dari persepsi peserta didik pada angket mengenai implementasi Program Adiwiyata sudah baik serta terdapat hubungan antara implementasi Program Adiwiyata dan perilaku peduli lingkungan pada peserta didik SMA Negeri 1 Pajangan.

Full Text:

PDF

References


Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57-70.

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak untuk peduli lingkungan yang ada di sekolah adiwiyata mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD Lectura : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2),123-133.

Aldyan, R. A. (2020). The Effect of Globalization and Capitalism on Forest Damage in Indonesia. Diadikasia Journal, 1(1). https://doi.org/10.21428/8c841009.0f98753e

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asy’ari, A., & Abidin, R. (2019). Implementasi Kebijakan Sekolah Adiwiyata Sebagai Upaya Membangun Karakter dan Kepedulian Lingkungan Siswa SMP Negeri 23 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan KALUNI, 2, 617–624. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.155

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.690

Demar, A. I., Kolibu, F. K., & Engkeng, S. (2020). Hubungan Implementasi Program Adiwiyata dengan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Peserta Didik di SMP Lentera Harapan Tomohon Tahun 2020. KESMAS, 9(6).

Desfandi, Mirza. (2015). Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Social Science Education Journal, 2(1), 31-37. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK

Fahlevi, R., Jannah, F., & Sari, R. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan Sungai Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.21067/jmk.v5i2.5069

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. (2019). Perubahan Identitas Diri Dalam Eksistensialisme Kierkegaard: Relevansinya Bagi Mental Warga Negara Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2019). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155-164.

Pahru, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 119-127.

Rakhmawati, D., Prasetyo, A. P. B., & Ngabekti, S. (2016). Peran Program Adiwiyata dalam Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan Siswa: Studi Kasus di SMK Negeri 2 Semarang. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1148-1154.

Silaban, S. J., & Yuliani, F. (2017). Implementasi Program Adiwiyata (Studi pada SMP Negeri 20 Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(2),1-15.

Sitisyarah, Kania, & Mustika, Ramadhanita. (2017). Penerapan Program Adiwiyata di SMP Negeri 13 Palembang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 143–155.

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Tanyid, M. (2014). Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak pada Pendidikan [Etika dalam Pendidikan: Kajian Etis Dampak Krisis Moral terhadap Pendidikan] . Jurnal Jeffray , 12 (2), 16. http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v12i2.13

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170-177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Android Application Development as Teaching Material. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53–65. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v

Widiyaningrum, P., Lisdiyana., & Purwantoyo, E. (2015). Evaluasi Partisipasi Siswa dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. Indonesian Journal of Conservation, 4(1), 74-82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.