Penerapan Nilai Nasionalisme pada Siswa SMA Negeri 1 Gamping

Dea Amalia Nur Hidayani, Irma Irma, Dikdik Baehaqi Arif

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai penerapan nilai-nilai nasionalis pada siswa SMA Negeri 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, observasi dilakukan dengan informan dari siwa dan siswi SMA Negeri 1 Gamping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran sekolah dalam mengimplementasikan nilai nasionalisme dinilai berhasil. Peran sekolah dalam mengimplementasikan nilai nasionalisme di SMA Negeri 1 Gamping tergolong di kategori berperan.


Full Text:

PDF

References


Indonesia Raya di SDN Kotagede 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 (pp. 93-98). Yogyakarta: Universitas SarjanawiyataTamansiswa.

Muhammad, A. (2015). Filsafat Pendidikan.

Riska, F. D. (2020, Juni). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtadaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1, 207-220.

Septiyani, N. &. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, X(1), 1-8.

Dewi atikah Juninda, B. E. (2022). Penanaman Rasa Nasionalisme Melalui Budaya Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di SDN Kotagede 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 (pp. 93-98). Yogyakarta: Universitas SarjanawiyataTamansiswa.

Riska, F. D. (2020, Juni). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PPKn di Madrasah Ibtadaiyah Maarif Condro Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1, 207-220.

Septiyani, Novita. & Nidar Yuusf. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Indonesia Singapura. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, X(1), 1-8.

Irhandayaningsih, A. (2012). Peranan Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era global. Humanika, 16(9).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-undang No. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.