Pemanfaatan Media Canva pada Materi Iklan, Slogan dan Poster Untuk Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Dewanggi Karuniawati, Izmi Azizah, Ariesty Fujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan dalam mendeskripsikan pemanfaatan media canva dalam pateri iklan, slogan dan poster kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Ruang lingkup penelitian ini meliputi media pembelajaran dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, kemudian data yang dihasilkan akan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media canva materi iklan, slogan dan poster kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan sangat membantu peserta didik, dalam memahami materi teks iklan, slogan dan poster karena media canva dapat menarik perhatian peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik dapat lebih memahami materi. Pemanfaatan media canva juga dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan, sehingga hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik dan tujuan pembelajaran akan tercapai.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreatifitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1).

Amrina, Mudinillah, A., Nur Isnain, D., Bahasa Arab, P., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, F., Agama Islam, P., Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Pariangan Batusangkar, S., & Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i2.14

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Azhar, A. (2020). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Pres.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70

Marwadi, N., & Sodiq, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Menyusun Teks Iklan Kelas XII DKV 2 SMKN 13 Surabaya. Bapala, 9, 198–207.

Putri, C. F., & Saputra, E. R. (2022). Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran PPKn di Kelas Tinggi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 127. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.12807

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta, Bandung.

Yaumi, M. (2019). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.