Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di SMA N 1 Bambanglipuro

Ratri Sti Murakabi, Muhammad Bagus Agam Triambada, Ariesty Fujiastuti

Abstract


Pendidikan karakter merupakan salah satu fondasi penting dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berbudi luhur dan berakhlak mulia. Nilai-nilai pancasila yang menjadi jati diri bangsa Indonesia harus tertanam pada generasi muda sehingga mampu memiliki wawasan yang luas Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Implementasi Pendidikan karakter di SMA N 1 Bambanglipuro menerapkan 6 kompetensi yaitu beriman kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dengan adanya pembentukan karakter peserta didik ini dapat menjadi landasan utama dalam pembangunan nasional yang berasaskan nilai kultur budaya Indonesia dan pancasila. Keberhasilan penanaman nilai-nilai karakter tersebut harus memerlukan campur tangan dari beberapa pihak diantaranya, orang tua, tenaga pendidik, instansi pendidikan dan peserta didik itu sendiri.

Keywords


Pendidikan Karakter, Pelajar Pancasila, Implementasi, Kualitatif.

Full Text:

PDF

References


Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/388

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf

Wijaya, H. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. Over The Rim, 191–199.

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & ... (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. Abdimas …, 43–49. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/view/1715%0Ahttp://ejurnal.unim.ac.id/index.php/abdimasnusantara/article/download/1715/705

Yusuf, M. (2014). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli (Vol. 2, Issue April, pp. 52–72).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.