Upaya Guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab) Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Fitri Maulan, Sutipyo Ru’iya, Ambar Wati Ningsih

Abstract


Pasca pandemi dan ketidaksiapan terhadap modernisasi membentuk jiwa dan sikap indivualisme seseorang, hilangnya nilai-nilai sosial, dan rendahnya minat belajar peserta didik masih menjadi tantangan dunia pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya sekolah, khususnya guru ISMUBA dalam membentuk karakter islami pada peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data secara langsung dari objek yang akan diteliti guna memperoleh data-data yang dibutuhkan. Hasil penelitian adalah guru ISMUBA bertanggungjawab penuh terhadap pembentukan karakter peserta didik, sehingga memaksimalkan aturan-aturan yang ada di sekolah agar di laksanakan oleh peserta didik, seperti pembiasaan sholat dhuha, dzuhur, dan ashar berjamaah, infaq, tadarus rutin sebelum belajar, bimbingan TPA dan didukung dengan berbagai ekstrakulikuler lain yang dapat membantu mengembangkan sikap antisipatif dan selektif kepekaan dalam menilai hal-hal yang sedang terjadi

Keywords


Guru ISMUBA, Karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.