Pengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS (Studi di SMA Negeri 3 Bantul)

Gilang Jathi Paramita Sari, Abdul Hopid, alifa Nida fauziyyah

Abstract


Artikel ini menjelaskan pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap Kedisiplinan Siswa dan seberapa besar pengaruh pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap Kedisiplina Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bantul. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembiasaan membaca Asmaul Husna memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kedisiplina siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bantul yakni sebesar 78,9% pada angka kepercayaan 95%. Adapun tingkat hubungan pembiasaan membaca Asmaul Husna terhadap kedisiplinan siswa yaitu sangat kuat dengan nilai R sebesar 0,888.

Keywords


Pembiasaan, Asmaul Husna, Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Alled, J. E. (2005).iDisiplini iPositif. Jakarta: Anaki Prestasii Pustaka.

Chulsum, U. (2017). ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya’, Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1).

Echols, J. M. & iShadily, H. (2005). Kamusi Inggris-Indonesia. Jakarta: PTi Gramedia Pustaka Utama.

Firdaus, A. (2019). Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan Pada Anak Di SDIT ABATA Lombok (NTB). Jurnal Al-Amin; Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 4(2).

Hermawati, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Kota Samarinda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Lestari, D. A. (2018). Pembentukan Kepribadian Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MI Nurul Dholam Tamban Pakel Tulungagung. Skripsi IAIN Tulungagung

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Malaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kauntitatif, ed. by Habib; Abdau Qurani, Cetakan 3. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mais, I., Nawir, M., & iQuraisy, H. (2021). Pembentukani Karakter berbasis iKeteladanan. primary: jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1510-1517.

Martinus, S. (2008).iKamus Kata iSerapan. Jakartai: PT Gramediai Pustaka iUtama.

Mutmainah, M. (2017). Ipengaruh Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Terhadap Kedsiplinani Siswa (Studi di SMAN 1 Kibin) (Doctoral dissertation, Universitasi Islam Negeri" Sultan iMaulana Hasanuddin" Banten).

Perwira, A. N. P., Fitriana, S., & Mujiyono, M. (2022). iFaktor-Faktor Yang iMempengaruhi Kedisplinan Siswa di SMA Negeri 1 iBrebes. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1393-1396.

Setyawan, D. A. (2021). Hipotesis Dan Variabel Penelitian, Cetakan 1. Tahta Media Group.

Somayeh, G. (2013). Investigating the Effect of Positive Disciplinei on the Learning Process and its Achievingi iStrategiesi with Focusingi on the Students’ Abilities. International iJournal of Academici Research in Business and Social Sciences, 3(5).

Wahab, A.,iSyahid, A., & Junaedi, J. (2021). Penyajiani Data Dalam Tabel iDistribusi iFrekuensi Dan Aplikasinyai Pada iIlmu iPendidikan. iEducation and Learning Journal, 2(1), 40-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.