PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMAN 1 BAMBANGLIPURO

Ilmiyah Nurul Istiqomah, Adelia Maharani, Yahya Hanafi

Abstract


LKPD merupakan media pembelajaran berupa lembaran yang berisikan materi, ringkasan serta tugas yang nantinya akan dikerjakan oleh peserta didik. Berdasarkan observasi di sekolah bahwa semangat belajar peserta didik yang masih kurang pada materi keanekaragaman hayati, sehingga berdasarkan permasalahan tersebut, upaya yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan media pembelajaran yaitu LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap LKPD yang digunakan dalam pembelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Bambanglipuro. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bambanglipuro pada bulan Agustus-September 2022. Metode penelitian adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Responden pada penelitian ini yaitu kelas X.1 dan X.6 yang terdiri dari 55 peserta didik. Hasil yang didapatkan yaitu SMA Negeri 1 Bambanglipuro sudah melaksanakan penggunaan LKPD pada materi keanekaragaman hayati dengan sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilihat pada saat observasi dan pengamatan keanekaragaman gen dan spesies di sekitar lingkungan sekolah. selain itu, dapat dilihat pada saat peserta didik memaparkan hasil dari observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pemanfaatan LKPD termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 89,9%.

Keywords


Persepsi, Pendidikan, Penggunaan LKPD , Keanekaragaman Hayati

Full Text:

PDF

References


Agustina Tri Wijayanti, T. W. (2016). Persepsi Peserta Didik dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPA. JIPSINDO, 3(1). https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i1.9671

Idrus, Y,. Andayani,. R. (2020). Persepsi Siswa Kelas XI MIPA SMA/MA Se-Kota Praya Terhadap Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Pada Materi Pokok Koloid. Jurnal Fkip Unram Chemistry Education Practice, 3 (2), 2020 - 64.

Istiqomah, E. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sebagai Bahan Ajar Biologi. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35719/alveoli.v2i1.17.

Kemendiknas. (2010). Panduan Penerapan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2018). Analisis Respon Peserta Didik dalam Implementasi Lembar Kerja Berorientasi Pemecahan Masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 292. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5054

Made. 2008. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan EkonomiUndiksha. Laporan Penelitian. Halaman 74-84.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S.W., & Jamirullah, R. F.(2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V di SDN Sarakan Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117- 134.

Nurichah EF., Susantini E & Wisanti. 2012. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi keanekaragaman hayati. BioEdu 1(2):45-49.

Sastrika, I.A.K., Sadia, I.W., & Muderawan, I.W. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), vol 1, (http://undana.ac.id), diakses 15 Desember 2015

Saparini, S., Wiyono, K., & Ismet, I. (2016). Inkuiri Untuk Melaksanakan Praktikum Secara Virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 1–17.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung Penerbit Alfabeta.

Rahmat,. H., Abdillah, S,. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. (n.d.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.