Pemanfaatan Media Kahoot! dalam Pembelajaran Teks Kritik Sosial Kelas X

Kusumaning Sekar Fadya Azzahra, Purwanti Zisca Diana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manfaat dalam penggunaan media kahoot! Dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas X dengan materi teks kritik sosial. Suasana baru yang dihadirkan dalam pembelajaran menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu menggunakan aplikasi kahoot! yang akan membangkitkan motivasi dan semangat siswa karena dirasa memberikan hal baru dalam pembelajaran. Penelitian ini mengusung konsep media pembelajaran berbasis game, kuis-kuis variatif dapat digunakan dengan mudah dan tentunya sangat membantu memberikan rasa semangat pada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Bantul dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil dari menggunakan aplikasi ini, minat siswa semakin bertambah dengan rata-rata sebanyak 9,731 poin. Perolehan nilai berdasarkan hasil poin benar yaitu, benar 9 soal sebanyak 21,875%, benar 8 soal sebanyak 31,250%, benar 7 sebanyak 15,625%, dan benar kurang dari 7 sebanyak 28,125%.

Keywords


Pemanfaatan, kahoot, teks kritik sosial.

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Etna, W. & Mukhtar. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.