Analisis Gaya Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman

Cintya Dewi, Febrina Ayu Wulandari, Destri Ratna Ma'rifah

Abstract


Gaya belajar adalah salah satu faktor wajib yang harus diperhatikan semenjak calon peserta didik masuk ke dalam satuan Pendidikan. Gaya belajar patut diperhatikan demi tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar peserta didik pada kelas XII MIPA di SMA N 1 Kalasan yang dapat dijadikan acuan guru dalam menerapkan media dan model pembelajaran yang cocok. Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif, populasi penelitian mencangkup seluruh peserta didik di SMA N 1 Kalasan dengan sampel kelas XII MIPA di SMA N 1 Kalasan yang ditentukan dengan random sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mempresentasikan hasil dari angket tertutup. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pada kelas XII MIPA 1, XII MIPA 2, dan kelas XII MIPA 4 rata-rata peserta didik memiliki gaya belajar dengan tipe visual. Pada kelas XII MIPA 3 memiliki gaya belajar auditorial. Oleh sebab itu, guru harus menyesuaikan media belajar serta model pembelajaran yang digunakan.

Keywords


Gaya Belajar, Visual, Auditorial, Media Pembelajaran, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1), 1–11.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 77. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443

Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning. Kaifa.

Hasanudin, C., & Fitrianigsih, A. (2019). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 31. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.364

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Kurniawan, Ragil, M. (2017). Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 491. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4319

Marpaung, B. J. R., & Napitupulu, E. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 25–34.

Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada. Jurnal Kehumasan, 3(1), 1–12.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 222.

Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XIIPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bionature, 16(1), 8–16. http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/viewFile/1563/627

Wahyuni, S., & Etfita, F. (2020). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Bahan Pengajaran. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 91–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal JPPM, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Belajar Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1), 7–21.

Wiyani, N, A. (2015). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Ar-Ruzz Media.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu Dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 259–265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481


Refbacks

  • There are currently no refbacks.