Rutinitas Sholat Dhuha Sebagai Pengembangan Budaya Religius SMKN 2 Sewon

luluk latifah

Abstract


Pada Keputusan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 termaktub mengenai Penguatan Pendidikan Karakter yang menjelaskan bahwa kegiatan PPK dilakukan dengan mengimplementasikan yang terdiri dari delapan belas nilai-nilai yang mencakup Pancasila diantaranya sifat religiusitas, kejujuran, saling menghargai , bekerja keras, jujur, , bertanggung jawab, cinta kedamaian, kreatif-komunikatif,  mandiri, nasionalisme, rasa kaingintahuan yang besar, demokratis, menghargai berbagai bentuk prestasi, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial. Program PPK sendiri memiliki tujuan guna mencerdaskan kehidupan bangsa baik secara jasmani, rohani maupun akademis. Salah satu cara yang ditempuh program ini adalah dengan pembiasaan. Cara ini telah diimplementasikan para siswa-siswi SMK Negeri 2 Sewon diantaranya yaitu dengan menjadikan pembiasaan sholat dhuha berjama’ah sebagai budaya religius. Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui  bagaimana manfaat dari melaksanakan rutinitas sholat dhuha yang dilakukan para siswa-siswi SMK Negeri 2 Sewon pada saat  Kegiatan PLP II  selama 4 minggu pada pertengahan bulan Agustus sampai pertengahan bulan September 2022 menggunakan metode observasi, deskriptif  dan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembiasaan kegiatan sholat dhuha berjamaah sebagai pengimplementasian kegiatan PPK yang dilakukan siswa-siswi SMK N 2 Sewon bersifat positif (baik) terhadap penguatan karakter maupun perilaku para siswa misalnya, timbul rasa saling toleransi yang tinggi, terjaganya silahturahmi antar sesamama, karakter yang religious yang selalu mendekatkan diri kepapa Allah dan mencari ke Ridhoan-Nya, terminimalisir sikap atau karakter yang individualis, serta disiplin dalam ketaatan beribadah, Jika kedisiplinan dalam beribadah sudah diraih, maka kedisiplinan dalam hal lain pun tentu akan dicapai dengan sendirinya. Dari sini bisa diartikan bahwa program PPK dengan pembiasaan sholat dhuha berjama’ah memiliki banyak manfaat guna menumbuhkan berbagai karakter yang positif  bagi para para siswa-siswi SMK Negeri 2 Sewon.

 


Keywords


dhuha;budaya;religius

Full Text:

PDF

References


Prasetya, B. (2014). Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. Edukasi, 2(1), 101–112. http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/106/86

Rusmaini, R. (2020). Pengembangan Budaya Religius di SMP Negeri 10 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 35–56.

Siswanto, H. (2019). Pentingnya pengembangan budaya religious di sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 51–62.

Faiqoh, Novi Wulandari, and Nurul Hidayah. 2021. “Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Terhadap Pendidikan Karakter Di SDN 2 Setu Kulon.” Prosiding dan Web Seminar “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”: 415–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.