Metode Estafet Quiz dengan Analisis Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Vera Novia Widyastuti, Asti Arwindhi Setiawan, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode estafet quiz sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain The One Group Pretest Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan ialah ditemukan adanya pengaruh yang bermakna dari penggunaan metode estafet quiz dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 atau kurang dari 0,5 dengan selisih nilai mean sebesar 14,111. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode estafet quiz sangat efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords


quiz, soal, hasil belajar, minat

Full Text:

PDF

References


Asrofi, M. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264


Refbacks

  • There are currently no refbacks.