Metode Estafet Quiz dengan Analisis Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode estafet quiz sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain The One Group Pretest Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan ialah ditemukan adanya pengaruh yang bermakna dari penggunaan metode estafet quiz dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 atau kurang dari 0,5 dengan selisih nilai mean sebesar 14,111. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode estafet quiz sangat efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
quiz, soal, hasil belajar, minat
Full Text:
PDFReferences
Asrofi, M. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Refbacks
- There are currently no refbacks.