Implementasi Program Boarding School dalam Mencetak Kader Muhammadiyah di SMP MBS Yogyakarta

Nasirudin Ahmad, Muhammad Wafiq, Cahya Tri Djaka, Zalik Nuryana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesiapan penerapan program boarding school dalam mencetak kader Muhammadiyah di SMP MBS Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan triangulasi data yaitu bersifat penggabungan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan observasi. Dari data tersebut ditemukan bahwa pondok pesantren Muhammadiyah sudah memiliki kesiapan dan bersungguh-sungguh dalam mencetak kader persyarikatan yang berintelektual ulama dan ulama intelektual. Hal ini dapat dilihat dari perolehan data dalam upaya pembinaan kegiatan pengkaderan yang dilakukan di SMP MBS Prambanan melalui tiga program yaitu: di bidang Akademik, melalui Organisasi otonomnya seperti IPM, HW, TS dan Kokam. Yang selalu eksis baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Serta program pengembangan dirinya seperti: selalu melaksanakan kebiasaan emas, tahfiz, pandai berbahasa asing.

Keywords


Pendidikan, boarding school, perkaderan Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Zuhri, M. (2021). Implementasi Program Boarding School dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Syaikh Zainuddin Nw Anjani. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 2(4).

Miswanto, A. (2020). Peran Pesantren dalam Melahirkan Kepemimpinan Muhammadiyah: Analisis Historis Terhadap Profil Ketua Umum Pimpinan Pusat Tahun 1912-2020. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1).

Lailiyah, E. N. (2016). Peran Pondok Pesantren Sebagai Sarana Kaderisasi Muhammadiyah. Skripsi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.