Peningkatan Antusiasme Siswa Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Sistem Reward

Mohammad Al Kautsar Cahya Anggita, Nurfajriyyah Baiti, Ainun Ma'rufah, Agus Supriyanto

Abstract


Abstrak: Antusias yang tingi merupakan salah satu faktor penting dan sangat diperlukan dalam layanan bimbingan dan konseling. Begitupula dengan layanan bimbingan klasikal, seperti yang diketahui bahwa antusias adalah salah satu indikator keberhasilan dalam layanan bimbingan dan konseling. Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam membangun antusias siswa yang tinggi dapat melalui sistem reward. Layanan bimbingan klasikal dengan menerapkan sistem reward dapat membantu meningkatkan kedisiplinan, motivasi yang tinggi, serta feedback (umpan balik) yang baik dari siswa atas tindakannya. Reward atau penghargaan  tidak hanya berbentuk materi saja, akan tetapi bisa berupa kalimat pujian, berbentuk senyuman atau berupa uplause (tepuk tangan). Dalam membangun aktif partisipasi siswa, dapat juga menggunakan metode pendampingan discovery learning. Metode model discovery learning adalah konsep menemukan sesuatu dari proses percobaan dan pengamatan. Selain itu metode ini dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa akan sesuatu sehingga mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif.


Keywords


Antusiasme;Bimbingan Klasikal;Reward

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.