Pengembangan Kultur Sekolah melalui Media Pembelajaran

Edi Mulyady, Probosiwi Probosiwi, Rendy Yurize

Abstract


Sekolah merupakan sistem sosial yang memiliki organisasi yang unik dan pola hubungan antara para anggotanya. Sekolah memiliki budaya yang harus dicapai dan dilibatkan agar perubahan yang terjadi dapat berlangsung terus menerus. Kultur suatu sekolah turut senang oleh keberadaan siswa dengan kulturnya sendiri, di samping kultur yang ada di kalangan guru, staf dan lainnya. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui pengembangan budaya sekolah melalui media pembelajaran. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ini yaitu menggunakan metode literature review. Kesimpulannnya adalah Kultur sekolah yang sehat, positif, solid, dan kuat kultur sekolah dapat meningkatkan kinerja guru, siswa, kepala sekolah, karyawan, dan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Aras, A. (2021). Revitalisasi Kultur Sekolah dalam Pembangunan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(1), 26-35.

Depdiknas. (2004). Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah. Jakarta : Depdiknas.

Diani, M. N., & Hanum, F. (2017). Kultur Sekolah dalam Mengembangkan Good School (Sekolah Efektif) di SMA Negeri 3 Yogyakarya. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 1-13.

Efianingrum, A. (2008). Kultur Sekolah Untuk Mengembangkan Good School. Makalah Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.

Efianingrum, A. (2009). Mengurai Akar Kekerasan (Bullying) di Sekolah. Jurnal Dinamika, 1-15.

Efianingrum, E. (2013). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 19-31.

Imtihan, N. (2018). Kultur Sekolah dan Kinerja Peserta Didik MAN Yogyakarta III. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 29-49.

Jumadi. (2006). Kultur Sekolah dan Pembelajaran Kontekstual dalam KBK. Makalah Pelatihan Pengembangan Kultur Sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, 1-11.

Masden, P., & Wagner, C.R. (2004). School culture triage. Artikel Internet. Diambil pada tanggal 24 Februari 2005 dari http://www.garyphillips.com/triage.html

Moerdiyanto. (2007). Fungsi Kultur Sekolah Mengengah Atas Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Menuju Generasi Indonesia 2045. Jurnal Konapsi, (7), 4-5.

Sastrapratedja SJ., M. (2001). Budaya sekolah. Dinamika pendidikan, (2), 1-18.

Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(01), 59–74.

Zahrawati, F., & Faraz, N. J. (2017). Pengaruh kultur sekolah, konsep diri, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa. Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 131–141.

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Zamroni. (2000). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.