PEMANFAATAN MEDIA CANVA PADA PEMBELAJARAN TEKS POSTER UNTUK SISWA SMP MUHAMMADIYAH 3 MLATI KELAS VIII

zenita rahmawati

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu elemen penting dalamkeberhasilan pendidikan. Artikel ini akan membahas mengenai penggunaan mediapembelajaran menggunakan metode deskriptif kualitatif. Perkembangan ilmu,pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memiliki pengaruh besar bagi pendidikan,sehingga media pembelajaran bukan lagi hanya berbasis teks atau ceramah, namunberupa aplikasi berbasis online yang mudah digunakan dan didapatkan. Canvamerupakan salah satu media pembelajaran berbasis platform online yang didalamnya terdapat template, fitur, desain, dan kategori. Dengan banyaknya manfaatdari Canva, dapat dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaranBahasa Indonesia, khususnya materi Teks Iklan, Slogan, Poster yangmengedepankan kreativitas dan keterampilan peserta didik juga pendidik dalampengaplikasian media sesuai dengan materi yang diberikan.

Keywords


Aplikasi Canva, Media Pembelajaran, Teks Iklan, Slogan, Poster

Full Text:

PDF

References


Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Poster

Pada Siwa Kelas X Sman 8 Tangsel. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM

UMJ, 1–4. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10658

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi

Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana

yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Johan, E. P. E., Rustam, & Sinaga, A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap Hasil

Menulis Iklan Poster di SMP Nasional Sariputra Jambi. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,

(2), 137–149.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan

Kreatifitas Mahasiswa pada Mata Kuliah English for Information Communication and Technology.

Bangun Rekaprima, 07, 80–89.

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi: Permasalahan dan

Tantangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri

Palembang, 357–368.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan

Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7

Nuroifah, N., & Bachri, B. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi 2020 Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan; P- ISSN: …….; e-ISSN: ……

Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto. Jurnal Mahasiswa

Universitas Negeri Surabaya, 1–10.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia

Jenjang SMA/MA.

Jurnal Sasindo Unpam,

(2), 1–18.

http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini.

Prosiding Seminar Nasional Daring, 560–568.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.