Tinjauan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Bantul Kelas X Semester Gasal

Eka Sri Rahayu, Uluwatuz Zulfa, Syariful Fahmi

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai permasalah yang erat kaitannya dengan matematika, dalam konteks logaritma seperti menghitung laju pertumbuhan penduduk, menghitung kondisi keuangan, menghitung bunga bank, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, peneliti yang merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika ikut serta mengembangkan pola pikir siswa, menggunakan metode Problem Based Learning sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari ditinjau dari penerapan metode Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bantul. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X-7 dan X-8 SMA Negeri 2 Bantul dengan total keseluruhan 72 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penerapan metode Problem Based Learning pada Kurikulum Merdeka merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa untuk menyelesaikan masalah.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Wungguli, Djihad, and Lailany Yahya. ―Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology ( ICT ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dimensi Tiga.‖ Jambura J. Math. Edu 1, no. 1 (2020): 41. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.5376.

Kurniawati, Dewi, and Arta Ekayanti. ―Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.‖ Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran (PeTeKa) 3, no. 2 (2020): 108-104. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.

Shadiq, Fadjar. Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika Di SMK? Edited by Choirul Listyani. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Matematika, 2008.

Yanti, Rame Nova, Ai Sri Melati, and Luvy Sylviana Zanty. ―Analisis Kemampuan Pemahaman Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi.‖ Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2019): 210. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95

Noor, Fahriza, and Mayang Gadih Ranti. ―Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika.‖ Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2019): 76–77. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Mujib. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori Bloom Ditinjau Dari Kecerdasan Multiple Intelligences.‖ Desimal: Jurnal Matematika 2, no. 1 (2019): 88. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3534.

Angga, Cucu Suryana, dkk. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 5879-5880.

Anita Jojor, Hotmaulina Sitohang. Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4, no. 4 (2022):5154.

Cindi Arjihan, Evilia Rindayati. Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas|3, no. 1 (2022):20.

Efrianus Ruli, Endang Indarini. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no.4 (2022):222-223.

Arie Anang, Muhammad Fathurrahman, Zakiya. 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar:YAYASAN BARCODE.

Isrokatun, Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta:Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.