Peran Guru PPKn Dalam Menerapkan Nilai Berakhlak Mulia di kelas 10 TKR-A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Guru PPKnDalam Menerapkan Nilai Berakhlak Mulia di kelas 10 TKR-A SMK 1 Muhammadiyah Moyudan. Artikel ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan data sumber dari observasi, wawancara dan dokumentasiselama program PLP 2 berlangsung. Adapun Ruang lingkup dari artikel ini adalahmembahas bagaimana rencana guru PPKn dalam menerapkan nilai Berakhlak Mulia, bagaimana pelaksanaannya, evaluasi atau alat ukur untuk mengukur keefektifanrencana penerapan Nilai Berakhlak Mulia. Subjek dari penelitian ini adalah pesertadidik kelas X TKR-A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Sedangkan objeknya adalahGuru PPKn, dimana guru PPKn ini berperan dalam menerapkan Nilai-nilaiBerakhlak mulia kepada peserta didik kelas X TKR-A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Dalam tulisan artikel ini menunjukkan bahwa guru PPKn di kelas 10 TKR-A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan telah melakukan penerapan penanamannilai Berakhlak Mulia melalui pembelajaran pengenalan nilai-nilai sila pertamadilihat dari metode mengajar yang disampaikan, pembiasaan. Adapun hasil daripenelitian Peran Guru PPKn Dalam Menerapkan Nilai Berakhlak Mulia di kelas 10 TKR-A SMK Muhammadiyah 1 Moyudan yaitu: (1) sebagian siswa sudah tumbuhkesadaran rasa bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, (2) Sebagian siswa masihkurangnya sikap saling menghormati antar siswa. Semua itu masih wajar mengingatsekolah baru saja menyelesaikan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.