Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas 6 SDN 015 Balikpapan Kota

Ahmad Nur Hafids, Hengkang Saputro

Abstract


Kampus mengajar angkatan 3 memiliki tujuan untuk mengembangkan karakter dan softskill mahasiswa serta sebagai bentuk pengabdian mahasiswa terhadap pendidikan di Indonesia. Kampus mengajar dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya di SDN 015 Balikpapan Kota. Salah satu program yang dilaksanakan di SDN 015 Balikpapan Kota adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas 6 dalam membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 6 adalah dengan metode tartil berkelompok. Hasil yang didapatkan dari upaya peningkatan ini adalah kemampuan membaca mengalami peningkatan. Dari program ini dapat disimpulkan bahwa dengan metode tersebut, kemampuan siswa kelas 6 dalam membaca Al-Qur’an mengalami peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. by Yuanita Nur Indah Sari, 1st edn (Jakarta: Bumi Aksara, 2017).

Hasan, S., & Wahyuni, T. (2018). Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 45-54.

Khasana, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Dipondok Pesantren Al Fatimiyah. IAIN METRO, 2-3.

Ratnasari, E. M. (2020). Outdoor Learning Terhadap Literasi Numerasi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 182.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan

Yuliana, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pedagogi Matematika, 6(1), 60-67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.