Pojok Baca sebagai Kegiatan untuk Meningkatkan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Gamplong

Winardi Adi Putra, Vera Yuli Erviana, Zulfiana Dwi Pratiwi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis penerapan kegiatan pojok baca dalam rangka peningkatan budaya literasi di SD Muhammadiyah Gamplong. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjabarkan data dan analisis yang ingin dilakukannya. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pojok baca berhasil meningkatkan 90% budaya literasi siswa dan mempengaruhi perkembangan kognitif dan efektif siswa. Namun penerapan pojok baca masih mengalami berbagai kendala seperti kurangnya koleksi buku, koleksi buku yang rusak, hingga masih butuhnya siswa terhadap bimbingan dalam pemanfaatan pojok baca. Namun demikian, merupakan kegiatan yang patut diapresiasi dan didukung oleh orang tua maupun wali murid sehingga menjadi salah satu program unggulan di SD Muhammadiyah Gamplong. 

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. N. (2019, September). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Anugrah, W. A. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98. doi:https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Ati Afriati, U. J. (2021, Juni). Optimalisasi Minat Baca Melalui Program Pojok Baca Di Kelas V MIN 1 Kota Cilegon. Journl of Elementary Education, 5(1).

Batubara, H. &. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15-29.

Erviyenni, S. H. (2022, April). Gerakan Literasi Sekolah Melalui Program Pojok Baca. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1).

Hidayatulloh, P. (2019, Juli). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).

Indonesia, P. P. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Susanti. (2021, Agustus). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik MIN 2 Kota Bengkulu : Sebuah Analisis. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2).

Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.