Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Indah Saputri, Siti Muyana

Abstract


Artikel ini membahas topik layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Disiplin belajar yang disebutkan dalam penelitian ini tidak sesuai dengan peraturan belajar di sekolah, tidak mendukung kegiatan belajar di sekolah, tidak menghormati peraturan yang ditetapkan dalam proses pendidikan di sekolah dan tidak adanya pemahaman. tanggung jawab dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu siswa memecahkan masalah dan meningkatkan kedisiplinan belajar di sekolah, kurangnya dan rendahnya kesadaran siswa terkait dengan perilaku disiplin belajar, yang merupakan salah satu faktor penghambat proses pendidikan. Oleh karena itu, dalam rangka memecahkan masalah kedisiplinan siswa di sekolah perlu diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Penelitian yang digunakan disini adalah studi literatur dimana penelitian ini merupakan proses pengumpulan beberapa penelitian terdahulu yang berkaitan dengan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan disiplin belajar. Dan dari beberapa hasil penelitian yang relevelan, pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving ini terbukti efektif dilakukan kepada siswa untuk meningkatkan kedisiplinan belajar.

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. I., Handayani, A., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 19–26.

Ana, A., Wibowo, M. E., & Wagimin, W. (2017). Bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan self-efficacy dan harapan hasil (outcome expectations) karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 49–53.

Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019). Efektivitas Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 24–29.

Febriyani, F., Susanto, B., & Maulana, M. A. (2019). Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Siswa SMA. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 94–102.

Hasanah, S. N., & Zainuddin, M. R. (2022). Penerapan Manajemen Peserta Didik Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 113–127.

INDAH, I. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Behavior Chart Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Tahun Ajaran 2020/2021 [PhD Thesis]. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Laugi, S. (2019). Penerapan tata tertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239–258.

Makurius, M. (2020). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iv Sdn 14 Pala Kota Tahun Pelajaran 2020/2021. Artikel Journal, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, 3.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta, 3.

Rahmadini, A. A., Zain, S. S., & Diswantika, N. (2021). Penerapan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Kelas X BDP DI SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 3(1), 1–10.

Retong, M. L. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok: Studi di Kelas XI SMA Negeri 1 Maumere. Gema Wiralodra, 10(2), 331–342.

Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 345907.

Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118–128.

Sirangki, H. (2021). Makalah Konseling" teori Problem Solving".

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Sumantri, B. (2010). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi tahun pelajaran 2009/2010. Media Prestasi, 6(3), 117–131.

Suwignyo, H., & Nusantoro, E. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas VIII D. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(3).

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Wasono, M. P. J. (2019). Peningkatan Disiplin Berseragam Siswa Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.