Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menulis Teks Iklan, Slogan, Poster melalui Media Gambar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

Fitta Fatiha Oktavia, Elsa Primadhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Moyudan dalam menulis teks promosi, slogan, dan poster. Teknik yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas model Kemmis. Tes, wawancara, dokumen, dan data semuanya diperiksa secara deskriptif meskipun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasional. Rata-rata pra siklus 72,8 dengan ketuntasan 44%, rata-rata siklus I 81,6 dengan ketuntasan 72%, rata-rata siklus II 96 dengan ketuntasan 96%, dan rata-rata siklus III 96,8 dengan ketuntasan 100% setelah diterapkan pembelajaran PTK. Dari data tersebut dapat terlihat bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan menulis iklan, slogan, dan poster pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Moyudan.

Keywords


Media Gambar Seri, Teks Iklan, slogan, poster, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Risman. (2022). Model Kemmis & Mc Taggart dalam PTK. Diakses pada Senin 19 September 2022. https://calonpendidik.com/model-kemmis-mc-taggart/

Tarigan, H. G. (1986). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.