Literature Review: Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal dalam Mengurangi Penyalahgunaan Media Sosial Siswa di Sekolah

Tety Lismawati, Dian Ari Widyastuti, Devi Kumala Sari

Abstract


Media sosial ialah suatu media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, bertukar informasi, serta dapat saling membuat konten yang interaktif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menerapkan desain literature review atau studi kepustakaan, serta teknik content analysis. Tujuan pada penelitian ini yaitu dilakukan untuk mengumpulkan serta menganalisis berbagai artikel secara teoritik mengenai penerapan layanan bimbingan klasikal dalam mengurangi penyalahgunaan media sosial di sekolah. Metode yang digunakan dalam kajian literatur ini berpedoman pada pengumpulan referensi yang relevan dari berbagai teks jurnal, buku-buku, dan referensi lainnya, serta metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi.Hasil dari kajian literatur yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya media sosial instagram, tiktok, twitter dan lain-lain dapat mengubah tatanan pembelajaran di sekolah. Tidak jarang siswa yang menyalahgunakan media sosial pada saat jam pembelajaran, tidak hanya untuk melihat status orang lain maupun chatting, namun juga sampai membuat video. Serta efektifnya penerapan layanan bimbingan klasikal melalui teknik diskusi untuk mengurangi penyalahgunaan media sosial di sekolah. Sehingga secara teoritik hal tersebut menunjukkan bahwa perlunya upaya dari guru bimbingan dan konseling untuk dapat melaksanakan layanan. 

Full Text:

PDF

References


Fajar, M., & Hadi, M. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. DINIYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 46-52.

Gusti Yarmi, I. L. (2017). Pemanfaatan Handphone di Kalangan Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 55-59.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Hashim, N. A., Abdullah, N. L., Isa, R. M., & Janor, H. (2015). WhatsApp Messenger Application among Business Students In Malaysia-An Exploration. Jurnal Personalia Pelajar, 18(2), 97-105.

Mastur dan Triyono. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra.

Morissan. (2014). Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1).

Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Nurseto, Tejo., Achamd, C. A., & Kiromim, B. (2019). Efektifitas Mobile Apps pada Metode Mindmap untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Mengurangi Penyalahgunaan Smartphone. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 16(2), 42-48.

Palupi, Rety. (2019). Penyalahgunaan Media Sosial Sebagai Alat Propaganda. Jurnal Komunikasi, 10(1), 69-76.

Rosidah, Ainur. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154-162. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177–200.

Wardah, Ani., Muhammad, E. P., & Adjie A. (2022). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa SMP Negeri 23 Banjarmasin. An-Nur : Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 8(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.