Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter peserta didik melalui keteladanan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Pendidikan karakter pada sekolah dasar merupakan hal penting yang harus ditanamkan untuk membentuk karakter peserta didik. Tujuan dari pendidikan karakter untuk mengembangkan nilai, sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia, displin, kreatif, mandiri dan rasa ingin tahu. Menyikapi pentingnya pendidikan karakter sangat diperlukan di sekolah terutama di SD Muhammadiyah Pendowoharjo untuk mewujudkan peradaban bangsa dengan memberikan keteladanan. Penelitian ini termasuk kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik di kelas 6 SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Pendidikan karakter yang akan diaktualisasikan dalam perbuatan, perbuatan yang menjadi kebiasaan, kebiasaan tersebut yang dilakukan secara berulang akan membentuk suatu karakter.
Full Text:
PDFReferences
Fepriyanti, U., & Bambang Suharto, A. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru dan Orang Tua Siswa. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 135–146. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4587
Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2251–2260.
Nugroho, A., & Pangestika, A. N. (2017). Implementasi Kegiatan Salam Pagi Dalam Rangka Menumbuhkan Karakter Komunikatif Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(2a), 1–5.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dan Keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506–2518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2167
Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 29. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236
Shoimah L, Sulthoni, Soepriyanto Y. Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jktp. 2018;1(2):169-175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206
Utami SW. Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. J Pendidik (Teori dan Prakt. 2019;4(1):63. doi:10.26740/jp.v4n1.p63-66
Ika Febriandari E. Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca Berbasis Pembiasaan Dan Keteladanan Terhadap Kemampuan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. J AL-MUDARRIS. 2019;2(2):211. doi:10.32478/al-mudarris.v2i2.286
Reksamunandar RP, Hadirman. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan dan Keteladanan Guru. J Cendekia. 2022;14(01):1-12. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia.%0APEMBENTUKAN
Refbacks
- There are currently no refbacks.