HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MEMBENTUK TINGKAHLAKU ASERTIF SISWA

Kikky Atma Apriliyanti

Abstract


Abstrak: Tingkah laku asertif adalah tingkahlaku yang meliputi aspek perasaan, kejujuran dan keterbukaan pikiran dan perasaan, baik yang bermutu tinggi maupun yang negatif, di samping melindungi haknya secara santun tanpa merugikan orang lain. Tingkahlaku asertif sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosial individu di khususnya di fase sekolah menengah, karena ingin dikembangkan melalui penawaran konseling di lingkungan sekolah. karena berkaitan dengan tingkahlaku asertif  Pemilihan teknik konseling sangatlah penting untuk keefektifan mengatasi masalah ini yaitu teknik asertif. Metode penelitian dalam teks ini adalah metode literature dengan strategi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan informasi, dan teknik evaluasi materi isi sebagai teknik evaluasi catatan. Hasil dari riset ini adalah terbentuknya artikel klinis mengenai keterkaitan antara penerapan strategi pendidikan asertif untuk membentuk tingkahlaku asertif siswa yang mengacu pada beberapa artikel nasional, khususnya: 1) Bentuk tingkahlaku asertif remaja, 2) tingkat tingkahlaku asertif siswa dan implikasinya dalam pelaksanaan bimbingan konseling, 3) Ruang lingkup dan sasaran metode asertif adalah siswa menengah dengan tingkahlaku asertif yang rendah. Berdasarkan hasil dari artikel ini untuk penulis selanjutnya adalah diharapkan mereka dapat lebih mempersiapkan literatur dan lebih teliti dalam membaca, dan dapat menggunakan penelitian ini sebagai kain referensi.


Keywords


Tingkahlaku Asertif, Teknik Asertif

Full Text:

PDF

References


Gunarsa,S.D. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Khan, R.I. (2012). Tingkahlaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi. Persona, Jurnal

Psikologi Indonesia. 1 (2) : 143-154.

Sriyanto Dkk., 2014. Tingkahlaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa . JURNAL PSIKOLOGI VOLUME 41, NO. 1, JUNI 2014: 74 – 88.

Nuha, I. S. (2014). Hubungan Antara Tingkahlaku Bullying Dengan Tingkahlaku Asertif Pada Santriwati.

Skripsi Psikologi UIN Sunan Ampel: Surabaya.

Sabda, M. (2013). Hubungan Tingkahlaku Asertif Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa MTs Al-

Istam Serang. Skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Ngatini. 2021. Tingkat Tingkahlaku Asertif Siswa Dan Implikasi Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Indonesian Journal of Guidance and Counseling 2 (1) (2021) : 72-81

Corey, G. (2008). Theory & Practice Of Group Counseling (Seventh Edition). Brooks/Cole.

Willis, S. S. (2013). Konseling Individual Teori dan Prakek. Bandung: Alfabeta.

Aulia. 2017. Pelaksanaan Teknik Asertif Untuk Meningkatkan Tingkahlaku Asertif Siswa

Di Smpn 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Volume 2 Nomor 3 tahun 2017 Hal 65 – 72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.