Karakter Gemar Membaca, Pelajar Pancasila, dan Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas XII, SMA Negeri 1, Ngaglik

Dewi Kumalasari, Arista Mukti Khasanah, Ismail Zainal Abidin, Arief Abdillah Nurusman

Abstract


SMA Negeri 1 Ngaglik ingin mewujudkan komunitas gemar belajar, berkarakter pancasila dan peduli lingkungan. Untuk dapat mewujudkan cita-cita tersebut, maka perlu dilakukan usaha melalui berbagai aktivitas yang harus diikuti peserta didik. Beberapa aktivitas yang harus diikuti oleh siswa untuk membentuk kesadaran serta tanggung jawab, sehingga menjadi kebiasaan yang dapat diterapkan dalam kesehariannya tanpa adanya keterpaksaan. Peserta didik yang berkarakter dan berbudi pekerti  mencerminkan sekolah yang baik karena dapat membentuk karakter peserta didik sebagai bentuk rasa cinta tanah air. Sekolah sendiri dapat berfungsi dalam menjembatani siswa untuk mendapatkan pendidikan karakter yang baik, sehingga dapat diaplikasikan pada ruang lingkup masyarakat. Tujuan dari pendidikan ialah agar                                                                                                                                                                                                                                         mengembangkan sikap siswa baik moral maupun intelektual supaya menjadi insan yang berbudi pekerti terhadap lingkungannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data secara observasi terbuka dan kuesioner. Pengambilan data secara random sampling dari tiga kelas XII MIPA. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan karakter dalam gemar membaca, pelajar pancasila serta peduli lingkungan, bahwa peserta didik di SMA Negeri 1 Ngaglik telah menunjukkan kecenderungan baik. Hal tersebut terlihat pada suasana kelas yang tenang saat kegiatan literasi.

Keywords


Pendidikan, Karakter, Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Annisa, M. N., Wiliah, A. & Rahmawati, N. 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. J. Pendidik. dan Sains 2, 35–48

Anggraini, M. S. A. & Zulfiati, H. M. 2017. Melalui Budaya Sekolah. Pendidik. Ke-SD-an 3, 151–158

Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. Jurnal basicedu Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Upaya Karakter Religius. 2021. J. basicedu 5, 6349_6356

Endaryono, B. T., Djuhartono, T., Syariah, E., Bina, S. & Madani, C. Indikator Pembangunan Pendidikan Untuk Masyarakat Berkelanjutan Dengan Pendidikan Berkarakter Di Indonesia. 2017. Fakt. J. Ilm. Kependidikan 4, 301–306

Landriany, E. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. 2014. J. Kebijakan. dan Pengemb. Pendidik. 2, 82–88

Mudzanatun, Suyitno, Putri, A. D. S. & Artharina, F. P. 2018. Analisis Minat Baca Mahasiswa PGSD UPGRIS Semester 5 Pada Mata Kuliah Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia. Laporan Penelitian Dosen Pemula. Semarang: Universitas PGRI Semarang

Purwanti, D. 2017. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya”. Jurnal : Riset Pedagogik. Vol. 1 (2)

Samani, M & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sari, P. 2018. Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Raushan Fikr. 7(2). 205- 217

Sumiati, S., Sulistyarini, S. & Hartoyo, A. Analisis Pendidikan Karakter Gemar Membaca Dalam Kultur Sekolah Dasar Negeri 46 Kota Singkawang. 2021. J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa 10, 1–10

Wandasari, Y. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. 2017. MSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2, 325–343.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.