DESAIN PEMBELAJARAN WORKED EXAMPLE PADA MATERI TRIGONOMETRI

Suciana Sholikhah, Syariful Fahmi

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan  bagaimana desain pembelajaran worked example yang bisa digunakan untuk mempelajari trigonometri terutama pada materi jumlah dan selisih dua sudut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Desain pembelajaran  ini peneliti gunakan untuk mengajar di SMA Negeri 1 Imogiri dalam kegiatan PLP 2 yang dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2022 sampai 10 September 2022. Populasi penelitian ada 99 siswa , 32 siswa dari kelas XI MIPA 1, 33 siswa dari kelas XI MIPA 2, dan 34 siswa dari kelas XI MIPA 3. Artikel ilmiah ini membahas mengenai desain worked example untuk pembelajaran trigonometri serta bagaimana menerapkan desain ini pada kegiatan pembelajaran yang efektif.. Berdasarkan cognitif load teory, pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan pengetahuan relevan yang sudah dipelajari sebelumnya. Ketika siswa tidak memiliki pengetahuan awal yang cukup, maka akan  menghambat proses pemecahan masalah pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran berdasarkan contoh (worked example). Pembelajaran berdasarkan contoh akan memudahkan siswa dalam memahami konsep penyelesaian masalah. Sehingga siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.