Pengaruh Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII F MTs Negeri 4 Bantul

Salsabila Imtinan, Revilia Fatimahningrum, Hardi Santosa

Abstract


Korban yang mengalami peristiwa bullying memiliki potensi merasa terancam dan tidak memiliki rasa percaya diri terhadap dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kelas VIII-F mengalami bullying. Penelitian ini, digunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang diambil dari sudut pandang berbagai siswa. Adapun responden dari penelitian ini merupakan siswa kelas VIII-F dari MTs Negeri 4 Bantul dengan jumlah sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil yang didapatkan kelas VIII-F memiliki banyak korban bullying yang berbentuk verbal dan psikolog.

Full Text:

PDF

References


Bu’ulolo, S. (2022). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/471

Dewi, K. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas IX SMPN 25 Semarang Tahun Ajaran 2015-2016. Universitas Negeri Semarang.

Ganjar Nugraha Adit, Heris Hendriana, T. R. (2019). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK SMP “X” DI KOTA BANDUNG. FOKUS, 2(6).

Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 50–60.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Nirwana, S. K. A. dan H. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Prodi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Padang, 3(2).

Pemerintahan Indonesia. (2003). Undang-Undang. In Sistem Pemerintahan Nasional.

Pratiwi, S. M. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kleas VII di SMPN 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017-2018. UIN Raden Intan Lampung.

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 4–6.

Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2), 129.

Rakhmawati, E. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Viii Smp H Isriati SEMARANG TAHUN 2009/2010. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 142–162.

Rischa Pramudia Trisnani. (2016). Perilaku bullying di sekolah. G-Couns Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 82–91.

Rumanah, nailun fauzyah; nandang. (2022). Bimbingan kelompok teknik modeling untuk mengurangi perilaku. Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 22–32.

Waluwandja, P. A., & Dami, Z. A. (2018). Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan …, 1(1), 109–123. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/20

Yalisma, N. (2018). EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Counseling Care, 2(2).

Yuni, T. D. U. (2017). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.