STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DI SMA NEGERI 1 GODEAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mukhammad Ammar Madri, Mijil Muthoha, Caraka Putra Bhakti

Abstract


: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penundaan pengerjaan tugas yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 1 Godean. Penelitian ini berfokus kepada penggalian peran guru bimbingan konseling dalam menghadapi prokrastianasi akademik siswa. Guru bimbing konseling memiliki peranan vital dalam menghadapi permasalahan siswa yang sering terjadi tanpa terkecuali prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara denga guru bimbingan konseling. Prokrastinasi akademik siswa terjadi karena factor internal dan factor eksternal. Dalam menghadapi prokrastinasi akademik di sekolah, guru bimbngan konseling melakukan tindakan preventif dan kuratif dengan melaksanakan bimbingan klasikal dan bimbingn kelompok serta konseling individu dan konseling kelompok

Keywords


Prokrastinasi Akademik; Guru BK; Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Daryanto dan FaridMuhammad. 2015. Bimbingan Konseling: Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.

Ghufron, M Nur dan Risnawita S, Rini. 2012. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: PT. AR-RUZZMedia.

Hidayah Nur dan AtmokoAdi. 2014.Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan: Terpannya di Kelas. Malang: PT. Gunung Samudra.

Ilyas, M., & SURYADI, S. (2018). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Islam Terpadu (It) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta. An-Nida', 41(1), 71-82.

Nafeesa. 2018. FaktorFaktor yang Memengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yangMenjadiAnggotaOrganisasiSis waIntraSekolah. JurnalAntropolog Sosial dan Budaya.(Online) Vol 4 No 1 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/ind ex.php/antrophos/article/view/9884 /9183.

Nurmala, Ira. 2020.Mewujudkan Remaja Sehat Fisik, Mental, dan Sosial: (Model Intervensi Health Educator for Youth). Surabaya: PT. Airlangga Universitas Press

Nurrahmi, H. (2015). Kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling. Jurnal Dakwah Alhikmah, 9(1), 45-55.

Prayitno.2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Santika, W. S., & Sawitri, D. R. (2017). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Purwokerto. Jurnal Empati, 5(1), 44-49.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. (2014). Analisis kebutuhan pendidikan masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.