Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 2 Sleman

Mutiara Alifia Meisari, Muhammad Hanif Setyo Nugroho, Roni Sulistiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik dengan memanfaatkan peran pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan melakukan kegiatan observasi dan pencatatan data, sebagai bentuk hasil dari pengamatan. Pada pembahasan masalah, menggunakan studi kepustakaan sebagai pedoman dalam kegiatan observasi, yang akan dicatat sebagai hasil dari pengamatan pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP) II di SMK Muhammadiyah 2 Sleman. Guru menjadi peran penting dalam upaya pembentukan karakter peserta didik ketika pembelajaran berlangsung . Kurangnya pembinaan keteladanan kepada peserta didik, yang menjadikan peserta didik rendah akan karakter disiplin,jujur,tanggung jawab dan percaya diri, serta pengaruh negatif dari luar sehingga perlu adanya edukasi dari guru terhadap peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diketahui bahwa melalui pendekatan dengan memberi dukungan kepada siswa, sebagai upaya terwujudnya pembentukan karakter peserta didik yang efektif melalui pembelajaran bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 3(3), 44–50. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Laugi, S. (2019). Penerapan Tata Tertib Sekolah untuk Membangun Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Konawe. Shautut Tarbiyah, 25(2), 239–258. https://doi.org/10.31332/str.v25i2.1549

Maskun, L. R., & Ekwandari, Y. S. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo. PESAGI, 07(02), 1–12.

Nasution, Y. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Karakter Siswa SMA Negeri 3 Rantau Utara. Kontras: Jurnal Ilmiah Pendidikan …. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/kontras/article/view/253

Siahaan, W. P. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MAS MIftahussalam Kecamatan Medan Petisah Tahun Ajaran 2016/2017.

Surya, P., & Rofiq, M. H. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 31–37. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.65

Susiyanto, M. W. (2014). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Disekolah Dalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 62–69. https://media.neliti.com/media/publications/37081-ID-analisis-implementasi-pendidikan-karakter-disekolah-dalam-rangka-pembentukan-sik.pdf

Utami, R. D. (2015). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v2i1.1542

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66


Refbacks

  • There are currently no refbacks.