Penerapan Kartu Sholih Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Kelas 6 SD Muhammadiyah Ngadiwinatan

Sela Noventya Eki Nandarista, Fery Setyaningrum, Silvia Anggraini, Wiwit Putri Dwi Noviana

Abstract


Pelajar Pancasila mempunyai sifat beriman, bertaqwa kepada Tuhan, berakhlaq mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Tujuan dari artikel ini yaitu mendeskripsikan penerapan Kartu Sholih untuk mewujudkan pelajar Pancasila dan mendeskripsikan faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan Kartu Sholih mewujudkan Pelajar Pancasila di Kelas 6 SD Muhammadiyah Ngadiwinatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu Kartu Sholih sebagai tanda karakter siswa dalam periode tertentu mencerminkan capaian setiap siswa. Faktor pendukung Kartu Sholih adalah pembawaan sifat siswa yang terpacu memperoleh kartu yang lebih baik. Sedangkan faktor penghambat program Kartu Sholih yaitu bahan yang terbuat dari kertas biasa sehingga mudah rusak dan perlu berganti serta perbedaan kondisi lingkungan siswa.

Full Text:

PDF

References


Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2016). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 33-42.

Imas Kurniawaty, A. F. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 (4), 5170-5175.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.

Meili Nuril Lubaba, I. A. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, Vol. 9 (3), 687-706.

Perdana, N. S. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja. EDUTECH, 17(1), 32-54.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).

Qomaruzzaman, B. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pendekatan NLP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.