Problematika Kesulitan Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mlati

Faradiza Salsabila, Najmah najmah, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


 Kesulitan belajar adalah suatu kondisi dimana peserta didik mengalami hambatan atau gangguan dalam belajar. Kesulitan belajar ini bisa dialami oleh setiap peserta didik di semua jenjang pendidikan. Ada banyak faktor yang menyebabkan peserta didik memiliki kesulitan belajar.oleh karena itu, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik di SMA Negeri 1 Mlati. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian yang dipilih peneliti adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Mlati. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa ada faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik. Namun, faktor yang paling banyak menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar karena guru yang mengajar. Dari hasil penelitian yang telah ditemukan diharapkan guru mampu memahami permasalahan perserta didik dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

 


Keywords


Kesulitan Belajar, Hambatan, Permasalahan

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdurrahman, 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar:Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Arends, Richard I. 2014. Learning to Teach. New York, NY: McGraw-Hill.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Husein, B. M. 2020. Kesulitan belajar pada siswa sekolah dasar: Studi kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(2), 56-67.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar Prespekif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia

Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L., & Nabila, M. Z. 2019. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 17-23.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Natasya, Nor Diana. Yenni Fitra Surya, dan Rusdial Marta. 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah.

Nurkholis, N. 2013. Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24-44.

Putri, S. P. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Jurnal Penyesuaian Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(2), 97-107.

Rusgiarti, R. 2014. Studi Kasus tentang Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 102-110.

Sriyanti, Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Suardi, Moh. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Suryani, A. P., & Puspitasari, N. A. 2022. ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2).

Tamarli, T., & Akhyar, A. 2019. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Alat Peraga Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 137-159.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.