Implementasi Model Cooperative Learning Berbasis Game Susun Kata dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Muhammadiyah Mertosanan

Nurma Indah Sari, Hanum Hanifa Sukma, Nurdiana Zaneti, Anggita Sufi Andani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan partisipasi peserta didik serta proses belajar IPA dengan metode pembelajaran cooperative learning berbasis game susun kata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, yang akan mendeskripsikan perkembangan dan hasil dari penggunaaan metode cooperative learning pada peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Mertosanan. Peserta didik akan dibentuk menjadi dua kelompok dan akan melakukan permainan game secara berkelompok. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata peserta didik di kelompok dapat menjawab dengan baik dan benar. Antara kelompok 1 dan 2 hanya memiliki selisih 1 soal saja yang berbeda. Sehingga dapat diartikan bahwa metode pembelajaran ini efektif untuk diterapkan. Berdasarkan hasil tersebut model cooperative learning berbasis game ini berdampak besar juga terhadap hasil belajar yang mereka terima setelah melakukan proses belajar dan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Adi, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Atletik Melalui Permainan Berbasis Alam. Jurnal Kegurual Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 70–83.

Adianto, S. (2018). Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Pada Peserta didik Kelas III SDN 003 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnall Pendidikaln Daln Pembelaljalraln Sekolalh Dalsalr, 3(3), 200–210.

Adianto, S. (2020). Penerapan Scientific dan Cooperative Learning dengan Quis Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1), 57–65.

Agusminarti, A., & Hudi, I. (2020). Developing Android-Based Team Games Tournament (TGT) Type Cooperative Learning For Students’ Academic Achievement In Biology. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(6), 1277–1286.

Dadang, W. H. O. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik Keas V MI Miftahul Huda Bacem Sutojayan Blitar.

Hidayah, N., Sholahuddin, A., Sadiqin, I. K., & Maulida, N. (2018). Crossing Puzzle-Cooperative Learning vs Cooperative Learning: Studi Kasus Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan, 3(2), 232–242.

Maya, M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Students Team Achievement Division) peserta Didik Kelals V DI SD NEGERI 02 Mulang Maya, Kotabumi Lampung Utara.

Nopiyanita, T., Haryono, H., & Ashadi, A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia dan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. 2(4), 135–141.

Sari, I. N., Rustaln, E., & Ihsaln, M. (2022). Pengembalngaln Model Pembelaljalraln NHT (Numbered Healds Together) Terintegralsi Galmes Paldal Maltal Pelaljalraln Balhalsal Indonesial. Journall of Islalmic Elementalry Educaltion, 4(1), 120–134.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar peserta didik. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20–31.

Wiratman, A., Mustaji, M., & Widodo, W. (2019). The Effect Of Activity Sheet Based On Outdoor Learning On Student’s Science Process Skills. Journal of Physics: Conference Series.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.