Menumbuhkan Karakter Wawasan Lingkungan Siswa Kelas 5 di SD Muhammadiyah Pandes dengan Media Tanaman

Nabila Eisa Putri, Hanum Hanifah Sukma, Mufidatul Hasanah

Abstract


Abstrak: Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya melalui pendidikan karakter di sekolah. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai karakter terhadap peserta didik. Salah satu karakter yang harus dibentuk sejak usia dini yaitu karakter wawasan lingkungan. Penelitian ini mmpunyai tujuan untuk mengetahui tingkat karakter wawasan lingkungan siswa Kelas V SD Muhammadiyah Pandes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari penelitian ini dengan metode penelitian itu nantinya akan diperoleh data observasi mengenai karakter wawasan lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan karakter wawasan lingkungan siswa dengan kegiatan menanam tanaman cabai dan terong. Kegiatan ini terbukti efektif untuk meningkatkan karakter wawasan lingkungan kepada siswa. Kegiatan ini siswa tidak hanya belajar tentang pemeliharaan dan kelestarian lingkungan, tetapi mereka juga mendapatkan banyak informasi tentang manfaat dari tanaman, merangsang siswa untuk mengolah informasi yang ditemukan sendiri, dan menumbuhkan karakter tanggung jawab dan disiplin pada siswa dengan cara merawat tanaman.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Diri, D. A. N. P. (2018). Dan percaya diri. 9(2), 291–300.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Kepala, P., Dalam, S., Program, M., Ammelia, D., Primasari, G., Maryani, S., Khobir, K., & Yusuf, M. (2019). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. 4(2).

Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 1998–2007. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1048

Putri Utami, L. P. S. D., Astawan, I. G., & Krisnaningsih, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik pada Muatan Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 363. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.35577

Rimbawani, V. (2020). Edukasi penanaman tumbuhan hidroponik bagi masyarakat dalam penambahan wawasan dalam menanam tumbuhan produktif di daerah perkotaan. Jurnal Abdi Bhayangkara UBHARA Surabaya, 2(1), 440–448.

Situmorang, R. P., & Tarigan, S. D. (2018). Cultivating students’ environmental awareness by creating bottle garden in school: A qualitative study. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(3), 263–270. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i3.6785

Surabaya, U. N. (n.d.). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.

Susanti, S. (2017). Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 9(2), 72


Refbacks

  • There are currently no refbacks.