Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Ibadah Sholat Dhuha di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

Ita Rosyada, Iffah Nurhasanah, Jekri Setiawan, Muhammad Abul Khair An Nabhan, Hanif Cahyo Adi Kistoro

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi pembentukan karakter  religius siswa melalui pembiasaan ibadah sholat dhuha berjamaah di SMP Muhammadiyah 1 Moyudan. Karakter religius sangat penting untuk diajarkan kepada siswa agar dapat meningkatkan kualitas keagamaannya. Pembiasaan melakukan ibadah sholat dhuha merupakan salah satu langkah agar karakter religius siswa dapat terbentuk. Melalui pembiasaan ini diharapkan siswa dapat melakukan sholat dhuha dengan disiplin dan istiqomah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kepustakaan yang bersumber pada buku, jurnal, dan sumber lainnya.

Keywords


Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Ibadah Sholat Dhuha

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Amalia, N., Asmawati, L., & Fahmi. (2019). Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak dan Lagu. JPP PAUD, 6(1), 55.

Hurlock, E. B. (1980). Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya.

Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(2), 513–526.

Makhdlori, M. (2012). Menyingkap Mukjizat Sholat Dhuha. DIVA Press.

Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 119–133.

Mustoip, S., Japar, M., & Zulela, M. S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Publishing.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. El Bidayah : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66.

Rajab. (2019). Implementasi Program Sholat Dhuha dan Sholat Zuhur Berjamaah dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Pada Sekolah SD Al Hira Permata Nadiah Medan). Ansiru PAI (Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 3(2), 73–78.

Sa’diyah, H. (2021). Pelaksanaan Sholat Dhuha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Pendidikan Agama Islam Di Smp Islam Nurul Falah. Nusantara Journal of Islamic Studies, 2(1), 189–194.

Samani, M., & Haryanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Rosdakarya.

Sapitri, I. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 31–48.

Sulaiman, R. (2013). Nilai-Nilai Karakter Islam : Berhulu dari Akhlak, Berhilir pada Rakhmat. Penerbit Marja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.