Nilai-nilai Kesopanan Pada Siswa Kelas IX C SMP Muhammadiyah Sewon

Azizah Ayu Soraya, Sanji Julia Kristi, Bang Bintulu Aji, Dr, Supriyadi, M.Si Supriyadi supriyadi

Abstract


Nilai kesopanan merupakan suatu aturan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap kesopanan  pada siswa kelas IX C di SMP Muhammadiyah Sewon. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX C SMP Muhammadiyah Sewon. Analisis data ini menggunakan metode desktiptif dengan teknik penelitian lapangan melalui kegiatan PLP 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif mengenai penerapan nilai-nilai kesopanan. Hasil dari penelitian ini peserta didik kelas IX C SMP Muhammadiyah Sewon sopan santun peserta didik kelas IX C masih sangat rendah. Sebagian besar peserta didik telah melakukan pelanggaran dari nilai kesopanan.


Full Text:

PDF

References


Imran, I. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun Siswa Di MAN 1 Mempawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Listyaningsih., & Zakaria, I. (2016). Penanaman Sopan Santun Melalui Keteladanan Gudu Di SMP Nrgeri Buduran Kabupaten Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(4), 575-591.

Maturohmah, A. F dan Jannah, R. (2017). Pengaruh Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Norma Kesopanan Pada Siswa Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 3 Banyuwangi. JPPKn, 2(2), 254-6707.

Suryani, N., Purwanti., Yuline. (2022). Implementasi Norma Kesopanan Pada Perilaku Peserta Didik Kelas X Ipa Sma Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(3).

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Journal Mitra Pendidikan, 01(1), 112 -124.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.