Analisis Literasi Terhadap Minat Baca Pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo

Nur Fani, Yulista Melati Anggraeni, Asih Mardati

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Muhammadiyah Pendowoharjo diketahui literasi membaca peserta didik masih rendah. Minat membaca peserta didik. Kajian ini difokuskan pada literasi minat baca peserta didik sekolah dasar kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hasil minat baca yang ada di sekolah dasar Muhammadiyah Pendowoharjo. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi peserta didik dan guru kelas IV SD muhammadiyah pendowoharjo. Subjek kajian ditujukan pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo yang berjumlah 35 peserta didik. Faktor pendukung, adanya peran aktif warga sekolah, pengawasan yang diberikan guru, lingkungan yang kaya akan literasi. Sedangkan faktor penghambat, kurangnya dukungan yang diberikan orang tua siswa, belum adanya hari khusus untuk mengalokasikan waktu 15 menit, kurangnya minat siswa terhadap membaca(Suyono et al., 2017). Sebaliknya upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan sosialisasi dan rapat kerja kepada pihak orang tua, serta mengadakan pembaharuan buku agar siswa tertarik untuk membaca.(Khusna et al., 2022)


Full Text:

PDF

References


Haidar, A. (2021). Program Literasi Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 639–647.

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454

Salma, A., & Mudzanatun, M. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17555

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah …, 2, 254–257. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1591

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Suyono, Titik, H., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629

Elita, I. N. U., & Supriyanto, A. (2020). Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Sulistyowati, F., Mudzanatun, M., & Cahyadi, F. (2019, October). ANALISIS MINAT LITERASI BACA DAN TULIS SISWA KELAS IV SD NEGERI PANDEAN LAMPER 04. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 1, No. 1, pp. 355-364).

Safitri, I., Nurhasanah, N., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas IV SDN Mentokan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi , 7 (2b), 574-578.

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1390-1400.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.

Saputri, R. (2022). Program Kelas Literasi sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(1), 73-86.

Syafitri, N., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6218-6223.

Sadli, M. (2018). Pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Masruroh, S., Satrijono, H., Suhartiningsih, S., Puspitaningrum, D. A., & Alfarisi, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 5 Genteng Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(2), 220-228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.