Analisis Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi
pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik Studi Literatur, untuk menentukan sampel sejak awal. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasi dan kesimpulan (conclusions drawing/verifying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, dependabilitas, uji corfirmabilitas dan prolonged engagement. Penelitian yang berjudul analisis pendidikan karakter religius di Sekolah Dasar Muhammadiyah Pakem Yogyakarta terdiri dari kegiatan mengucapkan salam ketika masuk dan keluar sekolah dan kelas,membaca doa ketika akan memulai pembelajaran, membaca doa-doa dan surat pendek, sholat dhuha bersama, tartil Al-Quran kemudian melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, melaksanakan sholat jumat berjamaah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
melia, M., & Ramadan, Z. H. (2021).Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. JurnalObsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8.https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Ansulat, Esmael D. (2018). Implementasi Pendidikan Karakterr Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar. II(1), 16-31
Aulia, L. R. (2016). Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Yogyakarta: Kebijakan Pendidikan.Kurniawan. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan keluarga, Sekolah,Perguruan Tinggi dan Masyarakat.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kusuma, A., Dewi, T., Nyoman, I., Degeng, S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan
Nilai Karakter di Sekolah Dasar MelaluiBudaya Sekolah. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
urnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
ilkyanti, Fella. (2019). Analisis peran Budaya Sekolah yang Religius dalam pembentukan karakter Siswa. Indonesian Values and Characcter Education Journal. 2(1). 36-42
iswanto, dkk. (2021). Penanaman Karakter Religious Melalui Metode Pembiasaan. Ar-Riayah : Jurnal Pendiidikan Dasar. 5(1). 1-11
wandar, R. (n.d.). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul.
ibowo, Hendro. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan. 22(1), 40-51
Refbacks
- There are currently no refbacks.