EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Faridha Nur'aini, Lisna Mutia, Rima Aksen Cahdriyana

Abstract


Model Pembelajaran Kooperatif merupakan sebuah model dalam pembelajaran yang mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk aktif baik dalam berinterkasi serta bekerja sama dengan teman sebayanya. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD pada pembelajaran matematika kelas VII di SMP Muhammadiyah Pleret. Penelitian ini menggunakan penelitian quasi experimental desain dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengabilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebanyak 32 peserta didik dan kelas VIII B sebanyak 33 peserta didik. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa data yang uji dengan mengunakan uji U Mann Whitney pada taraf signifikan 0,05 medapatkan hasilnya sebagai berikut  yaitu -1,411 < 0,05. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw lebih efektif digunakan dibandingkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar di SMP Muhammadiyah Pleret kelas VIII.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, STAD, Jigsaw, Kuantitatif.

Full Text:

PDF

References


Kusuma, A. P., & Khoirunnisa, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-6.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Hijrihani, C. P., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-14.

Isjoni, H. (2009). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juwaeriah, S., Muhyani, M., & Ikhtiono, G. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 78-93.

Malfriana, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88-97.

Sugianto, S., Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Hanggara, Y., & Wajubaidah, W. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 50 Batam Tahun Pelajaran 2015/2016. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2).

Muharom, T. (2014). Pengaruh pembelajaran dengan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 209691.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.