Penerapan Problem Based Learning dengan Media Tusuk Gigi pada Materi Aljabar terhadap Hasil Belajar Siswa

BRILIAN CAHYA PUSPANINGRUM, DWI ASTUTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi aljabar dengan menggunakan media tusuk gigi dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sample penelitiannya yaitu siswa kelas 7A SMP Negeri 1 Bantul. Sample diberikan 2 instrumen data yaitu pretest dan posstest untuk menguji hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning dan sesudah dilakukan model Problem Based Learning. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu  Problem Based Learning pada materi aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa meningkat dari hanya sebesar 51,6% menjadi 72,4% atau sekitar 23 siswa yang tuntas pada pembelajaran aljabar.

Keywords


Problem Based Learning, Tusuk Gigi, Aljabar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceedingof Biology Education, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Etyaningsih, T. D., & Abadi, A. M. (2018). Keefektifan PBL seting kolaboratif ditinjau dari prestasi belajar aljabar, kemampuan berpikir kritis, dan kecemasan siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 190-200. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.11300

Fahmi, F., Anas, N., Ningsih, R. W., Khairiah, R., & Permana, W. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Sederhana Sebagai Sumber Belajar. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 57-63

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/10.51454/decode.v1i2.17

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v1i01.194

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pilomonu, S. (2022, January). PENGGUNAAN MEDIA BERIBU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR.

Sunardi, E., Alfiany, I. H., & Hadiany, D. A. (2022, January). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Operasi Bentuk Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 3, No. 1, pp. 93-102).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.